30 Desember 2008

PANGDAM III/SILIWANGI MEMBUKA KEJUARAAN TINJU AMATIR TERBUKA YONZIPUR-3/YW

Pangdam III/Siliwangi menyambut baik dan penuh rasa bangga atas prakarsa Yonzipur-3/YW Kodam III/Siliwangi menggelar Kejuaraan Tinju Amatir terbuka. Kegiatan ini sangat positif dan bernilai strategis sebagai salah satu implementasi dari kegiatan Binter terbatas, sekaligus wujud kepedulian dan tanggungjawab moril Yonzipur-3 dalam meningkatkan prestasi cabang olahraga Tinju Amatir di wilayah Bandung Raya maupun Jawa Barat dan Nasional pada umumnya.
Demikian dikatakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asrendam III/Sliliwangi Kolonel Kav V. Agustin Silitonga pada acara Pembukaan Kejuaraan Tinju Amatir Terbuka Yonzipur-3/YW Kodam III/Siliwangi, bertempat di Mako Yonzipur-3 Jl. Raya Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung, Selasa (27/1).
Menurut Pangdam III/Siliwangi kejuaraan Tinju Amatir terbuka Yon Zipur-3 yang baru pertama kali digelar, namun ternyata mendapat respon yang sangat baik dari para pencinta tinju amatir, baik di daerah maupun nasional. Terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti kejuaraan ini. Melihat antusias dan animo masyarakat yang demikian besar menggambarkan bahwa olahraga tinju telah memasyarakat tidak saja diminati oleh generasi muda dari kelompok laki-laki tetapi juga para wanita, sebagaimana beberapa kelas dalam kejuaraan ini akan mempertandingkan kelas-kelas untuk kelompok putri.
Kecenderungan seperti itu tentunya harus direspon oleh semua pihak yang berkompeten untuk menjadikan cabang olahraga tinju amatir ini tidak hanya sekedar sebagai media penyaluran hobby dan bakat generasi muda, akan tetapi lebih dari itu, olah aga tinju ini bisa menjadi sarana pembinaan generasi muda untuk memiliki sikap mental dan spiritual yang kuat, berani menghadapi tantangan, kreatif, jujur dan sportif serta berprestasi di masa yang akan datang, tegas Pangdam III/Siliwangi.
Lebih jauh lagi Pangdam III/Siliwangi mengatakan, bahwa untuk menghasilkan petinju-petinju berbakat dan berprestasi tidak cukup dengan memperbanyak atau membentuk sasana tinju baru, tetapi hal yang pokok adalah bagaimana kita dapat melakukan pembinaan secara terpadu dan berkesinambungan. Salah satu upayanya, kita perlu meningkatkan intensitas latihan dan frekuensi pertandingan dalam suatu turnamen atau kejuaraan. Dengan intensitas latihan yang tinggi dan seringnya para petinju mengikuti kejuaraan kita dapat mengukur tingkat keberhasilan pembinaan yang kita lakukan selama ini. Berkaitan dengan itu, kejuaraan tinju amatir terbuka Yonzipur-3 dapat digelar secara rutin tiap tahun dan masuk dalam event kejuaraan resmi, baik tingkat daerah maupun nasional di masa yang akan datang, harap Pangdam III/Siliwangi.
Untuk mewujudkan harapan diatas, tentu saja penyelenggaraan kejuaraan tinju amatir sekarang ini harus berjalan dengan sukses dan dapat dilaksanakan secara profesional oleh semua pihak, baik panitia penyelenggara, wasit, juri, official, peserta maupun penonton serta pihak terkait lainnya, katanya. Sebelum mengakhiri sambutannya, Pangdam III/Siliwangi mengucapkan selamat bertanding kepada para atilit. Tunjukan kemampuan terbaik kalian untuk menjadi yang terbaik dengan tetap menjunjung nilai-nilai sportivitas. Hindari emosi dan semangat yang berlebihan yang bisa merugikan kese-lamatan diri maupun lawan. Taati segala aturan main dan ketentuan lainnya, serta patuhi dan hormati keputusan wasit dan juri yang memimpin pertandingan.
Begitu pula kepada para official, pelatih dan para suporter agar tidak melakukan hal-hal yang menodai, mengganggu ketertiban dan kelancaran kejuaraan ini, dengan selalu menghormati keputusan wasit dan para juri yang bertugas, kata Pangdam III/Siliwangi. Diakhir sambutannya Pangdam III/Siliwangi berharap, dengan digelarnya kejuaraan ini, persatuan dan kesatuan kita sebagai pencinta olahraga tinju bisa semakin kokoh demi kemajuan olah raga tinju amatir serta menemukan bibit-bibit berbakat yang mampu mengusung prestasi tinju amatir nasional serta melahirkan petinju berbakat untuk dipromosikan menjadi petinju profesional dalam berbagai kelas demi mengharumkan nama bangsa dan negara di percaturan tinju internasional di masa akan datang.
(Pendam 3/Dispenad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar